Nur Annisa’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Google Apps??? Apaan sih??

Pas tanggal 26 Maret 2008 tentunya hari Rabu pastinya sesuai dengan jadwal mata kuliah KM, pertama kalinya kita semua peserta kuliah ini masuk Lab. Waktu itu kita masuknya Lab Permodelan Sistem Jurusan. Sebelum praktikum (istilahnya), kita harus punya email account di Google (Gmail). Ternyata, kita diajarin tentang Google Aplication sama Pak Ahmad. Melalui Gmail ini kita bisa melakukan chat dengan sesama user lho!! Trus lebih oke lagi terdapat aplikasi kita bisa membuat suatu dokumen atau kerjaan lainnya yang berhubungan dengan tulis-menulis barengan. Jadi, kita kerjasama dalam satu sheet gitu. Kita bisa tau apa yang orang tulis dan sebaliknya orang juga bisa tau apa yang kita tulis. Lucu deh kita jadi bisa edit2-an tulisan. Wah makin oke kan tuh?? Oleh karena itu, gw jadi penasaran…dan gw pengen kasaih tau informasik2 tentang : Apa sih Google Application (Google Apps)? Apa sih AJAX? (Waduh udah kaya club bola!!) Emang ada hubungannya antara Google Apps sama AJAX?? Nih jawabannya:

Jadi Google Application itu ialah suatu aplikasi yang diberikan sama search engine Google yang bertujuan sebagai alat komunikasi dan kerjasama, dan dapat berbagi dan memberikan informasi diantara user. Selain itu, ternyata Google apps ini bukan merupakan software ataupun hardware, yang sebelum penggunaannya harus di-download, di-install, atau harus selalu di-maintain. Trus ni dia aplikasi-aplikasi yang diberikan, diantaranya: Gmail, Google Talk, Google Calendar, Google Docs, dan sama yang paling baru namanya Security and Compliance for existing email system.

Oiya yang namanya bikin dokumen bareng itu namanya Google Docs lho!! Trus ternyata banyak juga hal-hal yang bisa kita lakukan melalui Google Docs ini, yaitu: membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi secara online, meng-upload suatu file dengan cepat, bisa ngerjain bareng semuanya itu sama orang lain secara online juga, klo mau presentasi bisa tunjukkin ke orang lain via online, trus hasil kerjaan kita ini bisa kita taro di blog kita, web kantor/organisasi yan g kita ikuti, dll. Wah intinya kereeen!! Jadi, gw saranin mulai mengenal teknologi deh dengan salah satunya menggunakan dan ngerasain kecanggihannya Google Application.

No Responses to “Google Apps??? Apaan sih??”

Leave a comment