Nur Annisa’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Resume Tugas DSS after UTS

Yak kembali kita mendapatkan tugas untuk mencurhatkan di blog kita tercinta ini tentang tugas2 DSS after UTS. Ya seinget aku ya yg dipelajarin setelah UTS tuh ya tentang ANP a.k.a Analytical Hierarchy Process.

Mulai dari tugas 8 kita waktu itu diminta pak Dachyar nyari jurnal tentang definisi ANP dan aplikasi dari ANP dalam bidang bisnis. ANP itu ialah Metode perluasan dari metode AHP yang digunakan dalam multi-criteria decision analysis dan dapat diterapkan di segala bidang, misal sosial, hukum, pemerintahan, dll. Proses yang dilakukan ialah dengan menyertakan seluruh faktor dan kriteria yang berpengaruh, serta membentuk banyak prioritas keputusan tanpa membuat asumsi dari hierarki antar tingkat keputusan yang tidak berhubungan. Lalu aplikasi yang didapat dari jurnal ialah proses pemilihan sistem evaluasi ERP (Enterprise Resource Planning). Jadi ada 3 manager yang mau milih 5 sistem ERP sebagai alternatifnya dengan terdapat 7 kriteria, yaitu cost, supplier’s support, technological risk, closeness of fit to the company’s business, ease of implementation, flexibility of easy change as the company’s business changes, dan system integration. Trus setelah dilakukan pembobotan gitu, eh kepilih deh A5 sebagai sitem alternatif yang dipilih karna nilai bobotnya paling gede.

Trus buat tugas 9 yaitu bikin ANP pake software Super Decision dari tugas 8 yg minggu lalunya dikasih. Yak inilah pertama kalinya aku mengenal yang namanya super decision, rada bingung sih pake ni software udah gitu ribet banget. Kalo aku sih masih ngerasa lebih mudah pake Expert Choice (untung UAS nya expert choice. Hehehe…)

Tugas 10 yaitu membuat aplikasi ANP terserah versi sendiri pake software super decision pastinya. Trus disuruh bikinnya sebanyak 2 kasus. Untuk kasus pertama yaitu pemilihan bioskop favorit di Jakarta (emang ini berbau subjektif banget sih, tapi ya apa boleh buat secara aku hobi nonton,hehehe..). Alternatif2nya yaitu EX XXI, Blitz Megaplex, Hollywood 21, dan Platinum Screen Margo City (yang ini gimana pun juga tetep jadi favoritnya anak2 UI dah..☺) Krtieria yg dikasih diantaranya: fasilitas (luas ruangan, tempat duduk, harga tiket, sound system), fasilitas tambahan (café, system pembayaran via web), dan lokasi (dalam mall dan gedung sendiri). Setelah ditambang dan diputuskan (udah kaya hakim) bahwa EX XXI yang jadi bioskop favorit.. Kasus kedua yaitu pemilihan favorit stasiun TV swasta terfavorit. Alternatifnya ialah RCTI, SCTV, Trans TV, Trans 7, dan Indosiar. Criteria yang diajukan ialah acara informasi (berita, berita ringan, dan infotainment), rating acara (kuis, talk show, kompetisi, dan sinetron), dan jenis tayangan (music, film, dan olahraga). Setelah kembali ditimbang dan diputuskan, akhirnya RCTI yang kepilih jadi stasiun TV swasta favorit.

Tugas 11 sebagai tugas terakhir yaitu mencari jurnal tentang pengambilan keputusan dalam bidang simulasi model. Jurnal yang didapat yaitu tentang pengambilan keputusan dalam manufacturing simulation, yaitu simulation model of a small fictitious shop that repairs engines, dan juga pemilihannya ini berdasarkan hierarchy level. Kriteriannya ialah berdasarkan flow items (engine, status update, job definition, dan scheduler), agents (internal dan external agents), job (release dan schedule repair job). Setelah dilakukan perhitungan ternyata didapat alternatif metodologi dengan pembobotan terbesar yang dapat dikatakan metodologi yang paling efektif dan efisien untuk diterapkan.

No Responses to “Resume Tugas DSS after UTS”

Leave a comment